[yg-life] 130530 G-DRAGON’S “I’M DIFFERENT” VS CL’S “I’M STRONG”

YG Entertainment telah membawa dua artis utamanya, G-Dragon dan CL, menjadi satu-satunya “Swag” di industri musik Korea.

G-Dragon merupakan simbol dari “kegilaan”, sedangkan CL merupakan ikon dari “kekuatan”. G-Dragon memperlihatkan kepercayaan dirinya dalam musik sebagai artis muda dalam dua lagunya “On of a kind” dan “Crayon”, sedangkan CL menampilkan kekuatan penuh dan kekuasaannya dalam solo pertamanya “The Baddest Female.”

Lagu keduanya yang merupakan hip hop slow, dan dengan fashion mahal dan semangat mereka dalam menghadapi tantangan menghadirkan genre musik baru, telah menjadikan mereka sebagai “swagger” yang sebenarnya. Lagu “On of a kind” G-Dragon sebenarnya tidak terlalu sesuai dengan genre musik yang ada, tapi ia berhasil mendapatkan a0 juta penonton di Youtube, sedangkan CL berhasil menyapu bersih chart musik dan memiliki fanbase yang besar.

CL, melalui lagunya “The Baddest Female,” memperingatkan pendengar bahwa ia memiliki kendali, bisa terlihat dari lirik lagunya “Yes, I am very strong and aggressive.” Ia menjadikan dirinya berbeda dari artis perempuan lainnya dengan menonjolkan warnanya sendiri, tidak mencoba untuk tampil seksi ataupun cute. Pesonanya menjadi semakin besar ketika ia ngerap dengan santainya selama hip hop slow 70BPM yang sulit itu.

Lirik lagunya The lyrics “You can’t handle me”, “I don’t know what jealousy is”, “no fortune tellers can tell what’s in my mind”, dan “I am the queen bee, I am the hero” memperlihatkan bahwa ia bukanlah perempuan biasa. Dalam video musiknya, ia menjadikan dirinya memiliki kumis dan menggunakan gigi palsu emas. Sangat jauh dari norma yang berlaku secara normal.

Ketika CL menajamkan citra “kuat”-nya, G-Dragon menjadikan dirinya “berbeda”. Semua pakaian yang digunaknnya dalam “One of a kind” menjadi item fashion penting dan sikap jujurnya sangat menarik perhatian. Dari judulnya, dapat dilihat bahwa ia merupakan “seorang yang baik”, dan melalui sindirannya terhadap dirinya sendiri yang menjadi trendsetter dan seseorang yang “abnormal”, kita dapat melihat pribadi G-Dragon yang sebenarnya.

Lirik lagunya antara lain: “I’m a bear that can do a lot of tricks — no, more like a fox”, I’m an annoying snob Cause I’m quite expensive” Yes hyung, yes noona, (what’s wrong with you?) I’m sorry that I’m so popular”, “because no matter what I do, chaos ensues, because I make trend, because I change everything”. Terlihat sangat jelas dari liriknya bahwa kesopanan bukanlah karakteristik yang ia miliki. Dan ia mengolok-olok dirinya sendiri ketika ia menyanyikan: “look at me with loving eyes, don’t curse me, please accept me, please love me.” Olokan diri sendiri ini menjadi lebih “gila” dalam lagu “Crayon”. Ia berdandan seperti perempuan dalam video musiknya dan menari dengan gilanya. Dari idola yang cool, ia berubah menjadi musisi agresif.

Perubahan yang dramatis pada keduanya memberikan kontribusi yang besar dalam kesuksesan YG mempertahankan citranya sebagai agensi besar dengan yang kuat dan individual dengan style hip hop nya. Sekarang CL mendapatkan popularitas yang sangat besar dipenjuru dunia dengan lagu solonya dan kita akan sering melihatnya nanti.

Source: yg-life | Translated by 2NE1BlackjackID

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s